Rabu, 27 Januari 2010

Wong Sumatra, Ngabdine Nang Suroboyo


Media Online Mitra Konsumen "Cerdaskan Anak Bangsa"
Kiprah Ir.Robinson A.Panjaitan SH tak perlu diragukan lagi, berangkat dari Insiyur Pertanian yang mengawali karirnya pada Depertemen Pertanian pada tahun 1983. Dua tahun kemudian tepatnya awal tahun 1985 dipercaya memimpin sebagai Kepala Dinas Perkebunan DATI II alor Nusa Tenggara Timur (NTT).

Anak seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut yang senanstiasa memegah teguh disiplin dan penuh percaya diri sebab mengutamakan rasa kasih dalam setiap penyelesaian masalah yang dihadapinya.

“Dalam setiap persoalan saya selalu mengedepan Kasih agar kita selalu berpandangan objektif, namun disini kita perlu tegas dan cermat,” Ujar Panjaitan pada Mitra Konsumen.
           Panjaitan bercerita saat memimpin depertemen perkebunan  terjadi insiden antara warga dengan anak buahnya.”Saat itu penduduk mengambil hasil perkebunan dan tertangkap basah anak buah saya, Insya Allah bisa diselesaikan tanpa harus kepihak yang berwajib,”katanya.
            Lahir di Jokjakarta pada tanggal 8 agustus 1948, Jawa Tengah anak ke delapan dari sepuluh bersaudara, mendapatkan gelar Insyiur Pertanian pada tahun 1982 dari MPN.Veteran joyakarta.
Pada tahun 1989 dipromosikan menjabat Kepala UPP di Pulau Madura sampai tahun 1994. Kemau tinggi dan tidak mudah menyerah membuatnya dipercaya menduduki jabatan Kasie ANEV di kantor wilayah Depertemen Pertanian di Surabaya pada awal tahun 1995 hingga akhir 1996.
            Pengabdiannya kepada Negara yang tercinta tidak hanya sampai disitu. Pada tahun 1997 sampai 1999 menduduki jabatan Pimpinan perusahaan Agri Calture of Taiwan. Ini merupakan kerjasama Indonesia dengan Negara Taiwan dibidang peningkatan pengetahuan dibidang pertanian. 
Keinginan yang tinggi dalam membekali ilmu membuatnya meraih gelar Sarjana Hukum pada tahun 2000. Dan melanjutan studinya di Universitas Narotama untuk meraih gelar Master (S2).
            Memasuki masa pensiun tahun 2000 hingga 2005 Ir.Robinson A.Panjaitan SH dipercaya untuk melakukan perubahan di depertemen Perhubungan/DLLAJ Provinsi Jawa Timur.
Setelah mengabdi sebagai Pengawai Negeri Sipil oleh karena keinginan yang keras demi pengabdian kepada masyarakat dan Negara beliau menekuni dunia Advocat yang di raihnya dari Universitas Airlangga.
Tidak hanya sampai disitu, keinginan untuk bekerja memaksa dirinya terjun di dunia bisnis dan membuka CV.Darat Mas yang berkantor di Jl.Dukuh Kupang XIV no.36 Surabaya.
             Ir.Robinson A.Panjaitan SH juga dikenal aktif dalam berbagai organisasi masyarakat sebagai Penasehat di Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat Provinsi Jawa Timur. Suatu LSM yang berupaya bersama pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa.
               Beliau adalah juga Dewan Pembina di LSM Kuping Lebar, sebuah lembaga masyarakat yang kritis dan membela masyarakat tidak mampu. Panjaitan adalah seorang penggem
ar baca dengan koleksi belasan ribu buku, seorang yang nasioanalis, arif dan taat beribadah.(Parlind’S)

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk pengisian Komentar dimohon untuk menulis komentar yang tidak mengandung UNSUR SARA

 
Mitra Konsumen Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template