Rabu, 06 Januari 2010

Tips Kesehatan



BAGAIMANA MEMILIH JAJANAN SEHAT DAN AMAN 

- Pangan jajanan termasuk dalam kategori pangan siap saji (makanan dan minuman) yang dijual untuk langsung dikonsumsi tanpa proses pengolahan lebih lanjut.
- Ragam pangan jajanan : Baso, mie goreng, nasi goreng, ayam goreng, burger, cakue, cireng, cilok, cimol, baso tahu, arumanis, gulali, es jepit, es lilin dan ragam pagan jajanan lainnya.


- Pangan jajanan yang sehat dan aman adalah pangan jajanan yang bebas dari bahaya fisik, cemaran bahan kimia dan bahaya biologis.
- Bahaya Fisik dapat berupa benda asing yang masuk kedalam pangan seperti : isi stapler, batu/kerikil, rambut, kaca, dan lain-lain.
- Bahaya Kimia dapat berupa cemaran bahan kimia yang masuk kedalam pangan, atau karena racun yang sudah terkandung di dalam bahan pangan seperti : cairan pembersih, pestisida, cat, jamur beracun, singkong racun dan lain-lain.
- Bahaya biologis dapat disebabkan oleh mikroba patogen penyebab keracunan pangan, seperti : virus, parasit, kapang dan bakteri.

KIAT MEMILIH PANGAN JAJANAN SEHAT DAN AMAN

- Hindari pangan yang dijual ditempat terbuka, kotor dan tercemar, tanpa penutup dan tanpa kemasan.
- Beli pangan yang dijual ditempat bersih dan terlindung dari : Matahari, debu, hujan, angin dan asap kendaraan bermotor. Pilih tempat yang bebas dari serangga dan sampah.
- Hindari pangan yang dibungkus dengan kertas bekas atau koran. Belilah pangan yang dikemas dengan kertas, plastik atau kemasan lain yang bersih dan aman.
- Hindari pangan yang mengandung bahan pangan sintetis berlebihan atau bahan tambahan pangan terlarang dan berbahaya. Biasanya pangan seperti itu dijual dengan harga yang sangat murah.
- Warna makanan atau minuman yang terlalu menyolok, besar kemungkinan mengandung pewarna sintetis, jadi sebaiknya jangan dibeli.
- Untuk rasa, jika terdapat rasa yang menyimpang, ada kemungkinan pangan mengandung bahan berbahaya atau bahan tambahan pangan yang berlebihan. Sebaiknya hindari minuman yang terasa pahit, yang kemungkinan mengandung sakharin yang berlebihan, atau pangan yang terasa sepet pedas akibat penggunaan berlebihan atau penggunaan yang tidak sesuai ketentuan dari pengawet Benzoat
- Jangan membeli pangan gorengan yang terlihat berwarna gelap dan lebih keras. Biasanya pangan seperti itu merupakan hasil gorengan ulang karena tidak habis dijual.
- Pilih pangan yang dimasak dengan baik, pangan berkuah harus dimasak hingga kuahnya mendidih.
- Jangan membeli pangan yang bau, dan segera buang apabila pangan berbau menyimpang.

KIAT MENELITI PENJUAL PANGAN JAJANAN

- Amati kondisi dan kebersihan peralatan masak dan bahan pangan.
- Perhatikan fasilitas cuci tangan dan fasilitas cuci peralatan yang harus senantiasa bersih dan selalu diganti.
- Amati kondisi dan kebersihan penjual pangan, tidak sakit dan mengenakan baju yang bersih dengan perlengkapan lainnya (celemek, tutup kepala dan lain-lain), termasuk tangan dan kukunya. Bila ada luka, ditutup dengan plester.
- Perhatikan, apakah penjual pangan selalu mencuci tangan dengan baik, tidak merokok, meludah, makan, memegang rambut, hidung, wajah atau anggota yang lain. Pada saat melayani atau pada saat memegang pangan jajanan dimaksud. Sumber : LPKSM

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk pengisian Komentar dimohon untuk menulis komentar yang tidak mengandung UNSUR SARA

 
Mitra Konsumen Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template