Kamis, 07 Januari 2010

Mewaspadai Mainan Anak



Dewasa ini berbagai produk mainan anak yang berasala dari berbagai negara masuk dalam negeri membanjiri pasar di Indonesia, kondisi tersebut memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk dapat memilih jenis mainan yang diinginkan, namun dibalik fenomena tersebut kita sebagai orang tua dituntut untuk berhati-hati dalam memilihkan mainan untuk buah hati


.
         Yang perlu diingat, mainan anak yang paling penting adalah dapat merangsang semua panca indera, semakin banyak panca indera digunakan maka sel otak anak lebih banyak berkembang.Selain memberikan hiburan serta memberikan peran mendidik pengembangan kemampuan fisik dan mental anak. Peran orang tua dalam memilih mainan anak sangatlah penting karena jika salah memilih maka akibatnya bisa saja sangat fatal.
        Bila permainan terlalu rumit, anak bisa stress dan lambat laun akan mempengaruhi perkembangan emosinya. Sebaliknya permainan yang terlalu mudah tidak membawa mnafaat bagi mereka, karena interestnya berkurang dan tidak merasa tertantang.
         Dalam memilih mainan selain pertimbangan apa manfaat mainan tersebut bagi sang anak, masih banyak hal lain yang harus menjadi bahan pertimbangan yaitu apakah mainan tersebut aman dan nyaman bagi si anak.

      "Usahakan memilih mainan yang sudah mengikuti standard keamanan yang telah ditetapkan oleh instansi yang berwenang agar dapat terhindar dari bahaya yang ditimbulkan, seperti mudah terbakar, tercekik, tertusuk maupun beracun, karena biasanya anak-anak suka melilitkan tali ke leher, menduduki mainan dan sering memasukan mainan ke dalam mulut, terkadang juga dengan tangan kotor anak-anak memegang makanan".
        Sebagai upaya perlindungan konsumen, saat ini Indonesia telah mengembangkan Standard Nasional Indonesia (SNI) mengenai keamanan produk mainan anak yaitu :
SNI-12-6527-1-2001 Keamanan Mainan Bagian 1        : Spesifikasi sifat fisik dan Mekanis
SNI-12-6527-2-2001 Keamanan Maianan Bagian 2      : Spesifikasi mudah terbakar.
SNI-12-6527-3-2001 Keamanan Maianan Bagian 3    : Spesifikasi untuk perpindahan elemen-elemen tertentu.
SNI-12-6527-4-2001 Keamanan Maianan Bagian 4  : Spesifikasi untuk peralatan presentase kimia dan oksigen yang terkait.  
Sumber : Balai POM





0 komentar:

Posting Komentar

Untuk pengisian Komentar dimohon untuk menulis komentar yang tidak mengandung UNSUR SARA

 
Mitra Konsumen Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template